Wisata Sejarah di Bandung, Rumah Bosscha Yang Menarik Untuk Dijelajahi

Mungkin bagi kamu orang Bandung pasti sudah tak asing lagi dengan tempat wisata yang satu ini. Yap, Observatorium Bosscha. Destinasi wisata Bandung ini merupakan tempat peneropongan bintang yang berada di kawasan Lembang. Generasi 90-an masih ingat dengan tempat peneropongan bintang di film Petualangan Sherina? Tempat ini pernah menjadi lokasi syuting film tersebut. Tempat wisata ini memiliki cerita yang menarik, penasaran? Ayo simak ulasan berikut ini.

  1. Sejarah Bosscha

Wisata Bandung - Obsebatorium Bosscha
Wisata Bandung – Obsebatorium Bosscha via instagram.com/deni_ferdiansyah17

Karel Albert Rudolf Bosscha yang merupakan putra seorang ilmuan asal Belanda yang bernama Prof. Dr J Bosscha Jr. Dia datang ke Indonesia dengan berlayar ke Jawa pada tahun 1887 disaat usianya masih 22 tahun. Di Indonesia, dia bekerja di perkebunan teh miliki pamannya. Dan pada tahun 1896, Bosscha membangun perkebunan teh sendiri yang berada di kawasan Malabar, Pangalengan, Bandung. Nama kebun teh tersebut adalah Kebun Teh Malabar. Selama 32 tahun menegolala usaha perkebunannya cukup sukses hingga memiliki 2 pabrik teh dengan kualitas yang bisa bersaing di pasar Internasional.

Karel Albert Rudolf Bosscha merupakan seorang yang dermawan hingga hasil perkebunan tehnya di sumbangkan ke berbagai yayasan pendidikan seperti Tekchnische Hoogeschool te Bandoeng yang sekarang menjadi ITB. Dan membuat tempat peneropongan bintang yang merupakan cita – citanya daru dulu. Kemudia Karel Albert Rudolf Bosscha menggandengan kolega untuk membeli Teleskop Refraktor Bamberg dan Teleskop Refraktor Ganda Zeiss yang dimana pada jaman itu harganya sangat mahal. Tapi sayang sekali, dia belum sempat melihat bintang, pada 26 November 1928 ia meninggal dunia dan dimakamkan di sekitar perkebunan teh Malabar miliknya.

  1. Rumah Peninggalan Bosscha

Wisata Bandung - Rumah Bosscha
Wisata Bandung – Rumah Bosscha via instagram.com/lisatandianoe

Rumah peninggalan Bosscha yang berada di kawasan Kebun Teh Malabar ini kini menjadi destinasi wisata Bandung yang menarik untuk dikunjungi. Rumah ini memiliki pekarangan yang sangat luar. Di dalam rumah ini, kamu bisa melihat barang – barang asli miliki Bosscha yang masih terawat dengan baik seperti piano tua. Dan arsitektu yang sangat kental dengan gaya Belanda.

Jika kamu tertarik untuk berkunjung ke tempat wisata ini, kamu bisa datang ke Kebun Teh Malabar. Di tempat wisata Bandung ini kamu tak hanya akan menemukan tempat peneropongan bintang dan rumah peninggalan Bosscha saja, tapi juga pemandangan yang indah. Untuk kamu yang ingin menginap, tak perlu khawatir karena tempat wisata ini juga dilengkapi dengan fasilitas penginapan.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *