Wisata Green Kenyot Cikahuripan Bandung

Wisata Bandung - Green Kenyot
Wisata Bandung – Green Kenyot via instagram.com/a_suhendi2002

Bandung memang surganya tempat wisata, apalagi dengan wisata alamnya yang memiliki keindahan alamnya yang tak perlu diragukan. Mungkin kalau kamu mendengar tempat wisata Bandung yang satu ini terdengar cukup bikin ketawa, Green Kenyot. Mungkin dari kalian lebih sering mendengar kata Green Canyon atau Grand Canyon yang ada di Amerika Serikat.

Tapi di Bandung juga ada tempat yang mirip seperti di Grand Canyon. Green Kenyot ini ternyata merupakan situs purba yang memiliki keindahan alam yang super keren. Tempat ini sebenarnya adalah Sungai Cikahuripan yang dianggap sebagai Green Canyonnya Bandung. Pantas saja disebut Green Canyonya Bandung karena memiliki pemandangan yang hampir mirip dan tebing – tebing yang menjulang tinggi di belah oleh aliran sungai yang jernih dan berwarna kebiruan.

Konon kata penduduk setempat, dulunya aliran sungai di sini sangat deras dan dalam. Tapi semenjak ada pembangunan Bendungan Saguling, debit air yang mengalir ke tempat ini semakin berkurang. Jadinya ada beberapa tempat yang bisa kamu gunakan untuk berenang. Salah satunya ya Green Kenyot ini.

Wisata Bandung - Green Kenyot
Wisata Bandung – Green Kenyot via instagram.com/fakirpiknik

Tapi sebaiknya jika kamu ingin mengunjungi tempat ini harus lebih berhati – hati ketika berkunjung di saat musim hujan karena aliran sungainya bisa tiba – tiba datang sangat deras. Jika kamu ingin explore Green Kenyot dengan menyeluruh, kamu bisa meminta warga sekitar untuk menjadi pemandunya. Di sana kamu tak hanya bisa menikmati aliran sungai yang menyegarkan, tapi kamu juga bisa menuju ke 3 mata air yang memiliki rasa yang unik.

3 mata air tersebut diantaranya adalah Mata Air Ibu yang memiliki rasa air yang manis, Mata Air Bapak dengan rasa pahit dan Mata Air Sumur yang rasanya sama seperti air mineral pada umumnya. Konon katanya Mata Air Sumur ini akan berwarna merah hanya dalam sekali sebulan. Dan terdapat peringatan dari warga setempat ketika pengunjung yang datang ke tempat wisata Bandung yang satu ini tidak disarankan untuk berkunjung sendirian.

Hal itu demi keselamatan para pengunjung karena jika sewaktu – waktu Bendungan Saguling dibuka maka aliran airnya akan memenuhi Sungai Cikahuripan. Dan demi keselamatan, para pengunjung disarankan untuk menyewa pelampung dan peralatan lain yang disediakan oleh pihak pengelola. Sedangkan untuk harga tiket masuk ke Green Kenyot ini sangat terjangkau sekali, kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp.15.000 per orang.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *